my note

 

Sabtu, September 23, 2006

Cara mengecheck port yang aktif

Buat ngecek port yang aktif, misal di komputer server / gateway kita bisa menggunakan aplikasi iptraf. aplikasi ini biasanya sudah ada di semua distro (aplikasi standard). Aplikasi ini default hanya bisa dijalankan oleh root. dari console jalankan #iptraf, pilih Statistical breakdowns.., dan pilih By TCP/UDP Port, selanjutnya pilih kartu jaringan yang ingin kita pantau, dalam screenshot dibawah yang saya pantau adalah eth0 yang langsung terhubung ke internet. (lihat gambar)

btw secara default port yang dipantau hanyalah port dari 1 - 1023 saja. Nah untuk port port diatas itu kita harus konfigurasi dulu.

IPTraf also includes a facility that generates statistics on TCP and UDP traffic. This facility displays counts of all TCP and UDP packets with source or destination ports numbered less than 1024. Ports 1 to 1023 are reserved for the TCP/IP application protocols (well-known ports).

Cara konfigurasinya dari gambar nomor 1 kita pilih Configure .. , sehingga tampil tampilan berikut ini:

Pilih yang Additional ports.. lalu masukkan range dari 1 - 10000 misalnya untuk memonitor port antara 1 - 10000. Untuk memudahkan kita mengetahui service yang berjalan di port tersebut (nama service pada umumnya) aktifkan status TCP/UDP service names menjadi ON.

Untuk selanjutnya apabila kita ingin menjalankan iptraf dari konsol cukup jalankan perintah :

# iptraf -s eth0

artinya jalankan program iptraf dengan tampilan monitoring pada port yang aktif pada kartu jaringan eth0 . buat referensi bahasa inggrisnya bisa dibaca di: IPTraf User Manual

di kutip dari : http://linux.gue.or.id/

Label:

posted by Nature 3 at 1:19 PM

Posting Komentar

my note: Cara mengecheck port yang aktif

"belajarlah untuk berani menjadi bodoh & ketahuilah segala kekuranganmu"


- who i'am -


apa kata mereka

Linux Registered